Kamis, 29 Mei 2014

Ceritanya Mengejar Matahari Terbit di Embung Ngelanggeran

Kali ini ceritanya saya penasaran sama gambar yang dikasih Andy (Teman kuliah) tentang suatu tempat diatas Gunung Api Purba, katanya di daerah Ngelanggeran. Akhirnya untuk membuktikan keindahannya maka saya, Andy dan Ana (Teman kuliah) nekat berangkat jam 4 pagi menuju tempat yang sama sekali kita belum pernah lewati.

Pagi 24 Mei 2014 Jam 03.50 WIB saya dan Andy dengan dua motor sudah berada di depan tempat kos Ana, jam 04.00 WIB kami sudah siap berangkat. Perjalanan dimulai dengan ritual mengisi bensin hingga penuh supaya aman dari kehabisan bahan bakar, andai sampai kesasar. Dari informasi yang didapat, lokasinya tidaklah terlalu jauh, sekitar 40menit dari daerah Jogja. Saya juga menggunakan GPS dan peta dari Hp Nokia 620 untuk menunjukkan jalan menuju lokasi wisata Gunung Purba, yang katanya Embung Ngelanggeran tidak jauh dari sana.

Perjalanan dimulai melalui Ringroad selatan menuju jalan Wonosari, kemudian melewati Bukit Bintang, setelah itu ada perempatan besar, belok kiri  menuju desa Ngoro-oro. Nah, memasuki desa ini kita akan di sajikan jalan yang gelap gulita, karena kurangnya lampu penerangan jalan ditambah sepinya jalan dipagi hari, menambah "seru" perjalanan. Sepanjang jalan kami "baca-baca" karena jalan didepan benar-benar membuat kami deg-degkan, karena kadang ujung jalan tidak terlihat, karena jalan naik turun dan berliku-liku khas pegunungan. didesa ini terdapat banyak sekali tower menara relay dan tower stasiun televisi. Kami mengikuti di bimbing GPS kami melewati Puskesmas, kemudian belok kekiri menuju Patuk II. Ikuti jalan hingga akhirnya sampai dilokasi wisata Gunung Purba. Sampai disini saja GPS mampu menunjukkan jalan, akhirnya kami bertanya dengan penjaga parkir dan menunjukkan arah ke Embung Ngelanggeran, Kata Penjaga parkir, " ini pertigaan ambil kiri trus nanti ada tulisan kebun buah ambil kiri lagi". Berbekal petunjuk arah dari penjaga parkir, kami melanjutkan perjalanan dan akhirnya tiba juga di pintu masuk kebun buah Ngelanggeran.

Untuk masuk ke lokasi wisata Embung Ngelanggeran di kenakan biaya retribusi sebesar Rp.5000 (siang hari) dan Rp.7000(malam hari) sedang untuk naik ke Gunung Purba dikenakan biaya Rp.7000 (siang hari) dan Rp.9000 (malam hari). Pintu masuk ini bukanlah akhir perjalanan, diperlukan berkendara sampai lokasi parkir yang letaknya dekat dengan Embung. Perjalan menuju lokasi parkir membutuhkan skill yang tinggi, karena jalannya masih berupa batu-batu, dan cukup terjal tanjakannya, ditambah kondisi yang lebih gelap dibanding jalan desa Ngoro-oro, menambah tegang perjalan, rasanya seperti masuk ke dunia lain hehehe.
Sampai dilokasi parkir, ada dua tempat parkir, dibawah dan diatas. Lokasi parkir diatas ada warungnya jadi kami parkir disini, parkir dibawah lumayan jauh juga jalannya. Tanya-tanya sama ibu yang di warung klo ke embung tinggal naik dari tanggal yang sudah ada, tapi klo ke Gunung Purba harus jalan kaki kira-kira 1 jam dan klo malam harus ditemani sama penjaganya, karena takut kesasar.

awalnya hanya kami berdua yang ada disini, tapi tidak lama berselang ada rombongan bermotor juga yang sampai. kami segera naik ke Embung supaya dapat momen yang katanya Andy romantis. Sayangnya kami tidak bawa kamera, sehingga hanya menggunakan Hp saja untuk foto-foto.

foto Andy waktu lampu di Embung masih menyala
foto Ana waktu lampu Embung pas lampu dimatikan
Dari lokasi Embung kami melihat kebawah itu hamparan awan, jika difoto terlihat seperti air, wih... keren banget.  Tapi sayangnya kami gak bisa melihat matahari terbit dari sini, karena ternyata tertutup oleh Gunung Purba.

Embung Ngelanggeran
Ana & Andy dari atas Embung
Panorama Embung Ngelanggeran

Salah satu pemandangan dari sisi kanan Embung
Andy & Ana dengan latar belakang bebatuan gunung
Ana & Andy di salah satu bale dengan latar belakang hamparan awan

Jalan Pulang dari arah Embung
Matahari sudah mulai meninggi, perut kami sudah mulai keroncongan, kami putuskan untuk segera kembali ke kosan dan membeli sarapan disana.