Rabu, 29 April 2020

Mengambil Pelajaran dari Netflix: The Dawn Wall

Tokyo, 30 April 2020

Gw lagi pengen bahas film dokumenter yang gw tonton di Netflix, judulnya The Dawn Wall. Film ini mengisahkan perjalanan dua orang; Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson, yang punya hobi panjat tebing, lebih spesifiknya free climbing.

The Dawn wall
Rilis:2017

Is 'The Dawn Wall' available to watch on Netflix in Australia or ...


Dikisahkan mereka berdua merencanakan memanjat El Capitan melalui jalur yang belum pernah di lewati orang sebelumnya. Project ini dinilai tidak mungkin oleh para free climbing profesional lain. Alasannya permukaan tebing yang akan menjadi jalur pendakian oleh Tommy dan Kevin tidak memiliki celah untuk pegangan jika adapun memiliki tingkat kesulitan sangat tinggi.

The Dawn Wall: El Capitan's Most Unwelcoming Route - The New York ...

Jalur pendakian dibagi menjadi beberapa save point. Titik tersulit pendakian ada di Pitch 15 dan Crux Dyno. Dimana Tommy dan Kevin menghabiskan banyak waktu dan usaha untuk melaluinya. Tommy dapat melalui Pitch 15 lebih cepat dari Kevin yang kesulitan hingga memerlukan waktu hingga berhari-hari. Awalnya mereka berdua memutuskan agar Tommy melanjutkan pendakian tanpa menuggu Kevin. Hingga akhirnya Tommy berhasil melewati Wino Tower. Tapi Tommy memutuskan untuk berhenti menunggu Kevin untuk menyelesaikan pendakian bersama. Pada akhirnya Kevin dapat melewati Pitch 15 and menyusul Tommy hingga akhirnya dapat menyelesaikan pendakian bersama sama. Pendakian mereka menjadi sorotan media di Amerika karena ini pertama kalinya free climbing melalu jalur yang banyak orang mustahil. 

Di film ini gw mendapat pelajaran tentang semangat, kegigihan, kerjasama, saling percaya dan tenggang rasa yang ditunjukkan Tommy dan Kevin.
Ada suatu kondisi dimana Kevin berfikir bahwa dirinya adalah penghalang Tommy untuk maju, sehingga dia merasa down karena gagal melewati Pitch 15. Saat Tommy berhasil melewati Wino Tower dia bahagia karena telah berhasil berhasil melalui 2/3 El Capitan, tapi dia merasakan ada yang kurang, yaitu ketiadaan Kevin. Tommy memutuskan untuk menunggu Kevin tidak peduli berapa waktu yang diperlukan dia hanya mau menyelesaikan pendakian ini berdua dan mensupport Kevin. hingga akhirnya Kevin berhasil melali Pitch 15 dan Crux Dyno  hingga akhirnya dapat menyusul Tommy di Wino Tower. Mereka melanjutkan pendakian bersama dan menyelesaikannya bersama-sama dalam waktu 20 hari.

     


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar